April 25, 2024

Bulan Penimbangan Balita Terintegrasi dengan Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Bulan Februari 2020

1 min read

Bulan penimbangan balita adalah kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran panjang atau tinggi badan pada balita usia 0-59 bulan dilakukan di Posyandu secara serentak pada Bulan Februari 2020.

Hasil pengukuran berat badan dan panjang/tinggi badan Balita selanjutnya dilakukan input data untuk dimasukkan dalam aplikasi elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM) sehingga segera dapat diketahui bila ada balita yang bermasalah dengan status gizinya.

Pada Bulan februari ini kegiatan bulan penimbangan balita diintegrasikan dengan pemberian kapsul Vitamin A dosis tinggi kepada balita usia 6-59 bulan, dengan ketentuan bayi usia 6-11 bulan mendapat 1 (satu) kapsul Vitamin A dosis tinggi berwarna biru dengan dosis 100.000 IU dan balita usia 12-59 bulan mendapatkan 1 (satu) kapsul Vitamin A dosis tinggi berwarna merah dengan dosis 200.000 IU.

Manfaat pemberian Vitamin A dosis tinggi adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh (tidak mudah terkena penyakit infeksi) dan untuk kesehatan mata (mencegah rabun senja)

Mari sukseskan bulan timbang, jangan lupa membawa balita anda di Posyandu terdekat……