Diare

Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar dengan konsistensi lembek atau cair, bahkan dapat berupa air saja dan frekuensinya lebih sering (biasanya tiga kali atau lebih) dalam satu hari.

Penyebab Diare yaitu
Secara klinis penyebab diare dapat dikelompokkan dalam 6 golongan besar yaitu infeksi (disebabkan oleh bakteri, virus atau infestasi parasit), malabsorpsi, alergi, keracunan, imunodefisiensi dan sebab-sebab lainnya. Penyebab yang sering ditemukan di lapangan ataupun secara klinis adalah diare yang disebabkan infeksi dan keracunan.

Jenis diare ada dua, yaitu Diare akut, Diare persisten atau Diare kronik. Diare akut adalah diare yang berlangsung kurang dari 14 hari, sementara Diare persisten atau diare kronis adalah diare yang berlangsung lebih dari 14 hari.

Apa saja derajat dehidrasi dalam diare?

Ada tiga derajat dehidrasi, yaitu: Diare tanpa dehidrasi , Diare dengan dehidrasi ringan/ sedang , Diare dengan Dehidrasi berat.

Bagaimana cara mencegah dehidrasi sebelum anak dibawa ke sarana kesehatan? Berikan oralit

Bagaimana cara melakukan pencegahan Diare yang benar dan efektif? Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan diteruskan sampai 2 tahun, Memberikan makanan pendamping ASI sesuai umur, Memberikan minum air yang sudah direbus dan menggunakan air bersih yang cukup, Mencuci tangan dengan air dan sabun sebelummakan dan sesudah buang air besar, Buang air besar di jamban