Sosialisasi Universal Health Coverage 2019

Program Universal health coverage (UHC) adalah Sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif  bermutu dengan biaya terjangka

Jadwal Pelaksanaan sosialisasi UHC di Wilayah Kerja Puskesmas Demangan

  • Kel. Demangan ( 3 Agustus 2018)
  • Kel. Kuncen ( 4 Agustus 2018)
  • Kel. Josenan (5 Agustus 2018)
  • Kel. Pandean ( 5 Agustus 2018)
  • Kel. Taman ( 7 aGUSTUS 2018)

Bagi yg ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu UHC, bisa di download link dibawah ini…..

UHC

Sosialisasi Hasil Survei Keluarga Sehat Tahun 2017

Survey Keluarga Sehat merupakan salah satu bagian dari PISPK atau Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga.Pendekatan keluarga dimaksudkan sebagai salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Sehingga masyarakat tidak hanya memperoleh pelayanan kesehatan di dalam gedung saja, melainkan juga keluar gedung. Pelaksanaan sosialisasi hasil bertempat di Kelurahan masing-masing dengan jadwal yaitu

  • Kel. Demangan (30 Juli 2018),
  • Kel. Josenan (31 Juli 2018),
  • Kel. Pandean (1 Agustus 2018), Kel. Taman ( 2 Agustus 2018),
  • Kel. Kuncen ( 3 Agustus 2018).

Pertemuan kemudian ditutup dengan diskusi bersama dan tanya jawab perihal rencana tindak lanjut yang dapat dilaksanakan oleh masyarakat dan UPTD Puskesmas Demangan. Sehingga masyarakat ikut aktif berpartisipasi dalam keberhasilan Program Indonesia Sehat.

Sikat Gigi Bersama 2018

UKGS adalah Usaha Kesehatan Gigi Sekolah merupakan bagian dari upaya kesehatan gigi dan mulut, merupakan salah satu upaya pengembangan Kesehatan yang penting dan wajib dan bersifat sebagai penunjang kesehatan masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan gigi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi anak-anak agar dapat melakukan sikat gigi yang baik dan benar dengan waktu menyikat gigi yang tepat‬.Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut serta pembinaan kesehatan gigi terutama pada kelompok anak sekolah perlu mendapat perhatian khusus sebab pada usia ini anak sedang menjalani proses tumbuh kembang. Keadaan gigi sebelumnya akan berpengaruh terhadap perkembangan kesehatan gigi pada usia dewasa nanti. Kegiatan sikat gigi bersama di Wilayah Kerja Puskesmas Demangan dilaksanakan pada bulan Juli 2018 dengan sasaran Kelas 1 SD/MI dengan pelaksana Dokter Gigi/perawat gigi

Pemberian Vitamin A dan Obat Cacing

Pemberian Vitamin A yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Pada Bulan Agustus ini dilaksanakan pemberian vitamin A di seluruh posyandu dan PAUD/TK wilayah kerja Puskesmas Demangan. Terdapat 2 jenis Vitamin A yang diberikan yaitu kapsul berwarna biru hanya untuk bayi usia 6-11 bulan dan kapsul berwarna merah dengan untuk balita (1-5 tahun) dan ibu nifas. Pemberian Vitamin A bisa dilakukan oleh Petugas kesehatan ataupun oleh kader kesehatan.

Cacingan adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing perut yang penularannya melalui tanah lalu berkembang biak dalam sistem tubuh. Gejala kecacingan yaitu lesu, mudah lelah, mudah sakit, kurang nafsu makan, badannya lebih kecil dibandingkan anak sebayanya, sulit konsentrasi belajar, gangguan saluran pencernaan, gatal di daerah dubur terutama malam hari.

Bahaya kecacingan yaitu  pertumbuhan fisik anak terganggu, merusak perkembangan kognitif, membatasi kemajuan pendidikan anak. Program kecacingan dilaksanakan di Posyandu,TK/PAUD/SD Pada Bulan Agustus  bersamaan dengan Vitamin A. Diberikan pada usia 1-12 th. Pastikan bahwa anak anda mendapatkan obat cacing dan Vitamin A.

Penyuluhan di Dalam Gedung

Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan.

Penyuluhan dilaksanakan di Puskesmas Demangan maupun di Pustu dan dilakukan oleh promkes wilyah disaat pasien menunggu panggilan untuk melakukan pendaftaran maupun berobat. Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat mengetahui informasi kesehatan yang sedang trend.