Safari KB

Dalam rangka meningkatkan cakupan KB MKJP Di Kota Madiun, maka Puskesmas Demangan mengadakan kegiatan promosi, Konseling KB melalui senam bersama dan safari pelayanan KB. Dilaksanakan pada minggu 14 April 2019 di Lapangan Josenan (Puskesmas Pembantu Josenan Jalan tilam upih Madiun), jam 06.00 pagi

Pengukuran Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular dan Senam Germas Lintas Sektor

Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

7 Langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yaitu :

  1. Melakukan aktivitas fisik
  2. Konsumsi buah dan sayur
  3. Tidak Merokok
  4. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  5. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala
  6. Menjaga kebersihan lingkungan
  7. Menggunakan jamban sehat

Kegiatan ini dilaksanakan di Pustu Taman yang beralamat di jalan serayu pada tanggal 29 Maret 2019

Siaran TV dengan Materi Pencegahan DBD

Upaya Pencegahan DBD :
Penyuluhan sebenarnya menjadi sangat penting karena bukan tanpa alasan masyarakat saat ini menginginkan cara instan tanpa memperhatikan hal lain. Fogging masih dianggap sebagai solusi DBD yang paling OK dan mantap. Padahal paradigma ini sebenarnya #salah, dan apa jadinya ketika Puskesmas sebagai ujung tombak layanan kesehatan kerap kali disalahkan jika terjadi penyakit DB di sekitar wilayahnya. Disalahkan masyarakat bukan karena masalah lamban dalam pencegahan, namun karena lamban dalam fogging. Setiap DB intinya minta fogging, dan ini menjadi PR bagi kita semua bahwa DBD tidaklah identik dengan fogging namun lebih baik jika kita membangun mindset masyarakat dengan menggalakkan PSN. Pemberantasan sarang nyamuk, itulah sebenarnya yang menjadi solusi, melibatkan bukan cuma satu dua orang, namun harus seluruh lapisan masyarakat dan lintas sektor.

Waspada Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBDย dulu disebut penyakit โ€œbreak-boneโ€ karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Terdapat tiga jenis demam dengue: demam berdarah klasik, dengue hemorrhagic fever, dan dengue shock syndrome. Masing-masing memiliki gejala yang berbeda.

Gejala demam berdarah klasik

Gejala dari demam berdarah klasik biasanya diawali dengan demam selama 4 hingga 7 hari setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi, serta:

  • Demam tinggi, hingga 40 derajat C
  • Sakit kepala parah
  • Nyeri pada retro-orbital (bagian belakang mata)
  • Nyeri otot dan sendi parah
  • Mual dan muntah
  • Ruam

Ruam mungkin muncul di seluruh tubuh 3 sampai 4 hari setelah demam, kemudian berkurang setelah 1 hingga 2 hari. Anda mungkin mengalami ruam kedua beberapa hari kemudian.

Gejala dengue hemorrhagic fever

Gejala dari dengue hemorrhagic fever meliputi semua gejala dari demam berdarah klasik, ditambah:

  • Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening
  • Perdarahan dari hidung, gusi, atau di bawah kulit, menyebabkan memar berwarna keunguan

Jenis penyakit dengue ini dapat menyebabkan kematian.

Gejala dengue shock syndrome

Gejala dari dengue shock syndrome, jenis penyakit dengue yang paling parah, meliputi semua gejala demam berdarah klasik dan dengue hemorrhagic fever, ditambah:

  • Kebocoran di luar pembuluh darah
  • Perdarahan parah
  • Shock (tekanan darah sangat rendah)

Genangan air akibat hujan bisa menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue penyabab Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk mencegahnya, lakukan 3M Plus di lingkungan sekitar kita. Mulai dari menutup semua tampungan air, menguras bak mandi hingga mendaur ulang barang bekas. Jangan lupa untuk mengaktifkan gerakan 1 rumah 1 juru pemantau jentik (Jumantik)

ยท PENGUKURAN FR PTM dan SENAM 3 PILAR BERSAMA LINTAS SEKTOR

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui FR PTM (Faktor resiko Penyakit Tidak Menular) dan penggalangan komitmen bersama lintas sektor yang di laksanakan pada tanggal 02 November 2018, di Wilayah Kerja Puskesmas Demangan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat prevalensi yang ukup terhadap penyakit tidak menular.Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan yaitu dengan menggalakan Gerakan Hidup Sehat (GERMAS).
Germas memfokuskan pada kegiatan yang dapat di lakukan masyarakat yaitu melakukan aktivitas fisik, imbauan konsumsi sayur dan buah, tidak merokok dll.
Salam sehat “๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€SEHAT DI MULAI DARI KITA๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€