DIFTERI

APA ITU DIFTERI ??

Penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri gram positif Corynebacterium diptheriae strain toksin, ditandai dengan adanya peradangan pada tempat infeksi. Terutama pada selaput mukosa faring, laring, tonsil, hidung dan juga pada lapisan kulit.

Ditularkan melalui percikan cairan dari saluran pernafasan atau kontak langsung dengan cairan yang keluar dari saluran pernafasan, dan pengelupasan luka di kulit.

 

GEJALA DIFTERI :

  • Demam + 38 derajat Celcius
  • Munculnya pseudomembran putih keabu-abuan, tak mudah lepas dan mudah berdarah
  • Sakit waktu menelan
  • Leher membengkak seperti leher sapi (bullneck), akibat pembengkakan kelenjar leher
  • Sesak nafas disertai bunyi (stridor)

PENCEGAHAN :

3 Vaksin untuk Imunisasi Difteri :

  1. Vaksin DPT-HB-Hib
  2. Vaksin DT
  3. Vaksin Td

IMUNISASI DIFTERI PADA BAYI DAN BADUTA :

Bayi (0-11) wajib mendapatkan 3 dosis imunisasi dasar DPT-HB-Hib pada usia 2,3 dan 4 bulan. Kemudian, dilanjutkan dengan 1 dosis imunisasi lanjutan DPT-HB-Hib pada usia 18 bulan.

 

IMUNISASI DIFTERI PADA ANAK SEKOLAH

Anak sekolah dasar/sederajat kelas 1 wajib mendapatkan 1 dosis imunisasi DT. Anak sekolah dasar/sederajat kelas 2 dan 5 wajib mendapatkan imunisasi Td.

PERTOLONGAN PERTAMA PADA ORANG YANG TERJANGKIT :

  1. Datang ke Pelayanan Kesehatan
  2. Segera melapor ke Dinas Kesehatan setempat
  3. Melakukan PHBS

APAKAH DIFTERI DAPAT DISEMBUHKAN?

Difteri dapat disembuhkan apabila orang yang terjangkit tidak terlambat dalam mendapatkan pertolongan

Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Provinsi di SMP N 2 Madiun

Penilaian Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LSS) yang merupakan agenda tahunan program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Tingkat Provinsi kembali digelar. Kedatangan tim penilaian lomba lingkungan sekolah sehat di SMPN Pandean pada 13 Desember 2017 disambut dengan antusias oleh pihak sekolah. Seperti yang terlihat di SMPN 2 Madiun, tim penilai yang datang didampingi dengan unsur SKPD dari Kota Madiun disambut baik pihak sekolah.

Sebelum memasuki acara inti yaitu penilaian dilaksanakan penyambutan dan makan bersama. Kemudian dilakukan penilaian dan tanya jawab pada siswa SMP 2 Madiun dan selanjutnya dilakukan kunjungan lapangan di posyandu terdekat dan juga rumah sehat terdekat dari sekolah.

Kami mohon doa restu seluruh warga Kota Madiun agar SMPN 2 Madiun menang di tingkat provinsi dan maju dalam Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Nasional.

Lomba Bina Keluarga Lansia di Kelurahan Pandean 2017

Bina Keluarga Lansia atau BKL merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan bagi keluarga yang mempunyai orang tua atau lanjut usia. Pengetahuan ini meliputi pola perawatan, pengasuhan, dan pemberdayaan kaum lansia agar kesejahteraannya bisa meningkat. Pada 8 Desember 2018 dilakukan penilaian lomba Bina Keluarga Lansia tingkat Kota di Kelurahan Pandean. Para anggota dan kader menampilkan unggulan yg ada di BKL tersebut yaitu seni dongkrek dengan tempat pelaksanaan lomba di Jalan Tuntang Pandean

 

 

Lomba Bina Keluarga Remaja di Kelurahan Demangan 2017

Bina Keluarga Remaja (BKR) adalah kegiatan yang dilakukan oleh keluarga dalam bentuk kelompok kegiatan dimana orang tua mendapatkan informasi dalam meningkatkan bimbingan dan pembinaan tumbuh kembang anak dan remaja secara baik dan terarah dengan dibantu oleh fasilitator dan kader. Untuk terwujudnya kepedulian dan tanggungjawab orang tua dalam membimbing dan mengarahkan anak & remaja melalui interaksi yang harmonis. Pada 21 November 2018 ini BKR di Kelurahan Demangan mewakili lomba pada tingkat Kota Madiun

 

Musyawarah Masyarakat Kelurahan di Wilayah Kerja Puskesmas Demangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MMD/MMK adalah pertemuan perwakilan warga desa untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. Tujuannya yaitu

  • Masyarakat mengenal masalah kesehatan diwilayahnya
  • Masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan desa siaga dan poskesdes.
  • Masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, melaksanakan desa siaga dan poskesdes.

Pelaksanaan MMK di Wilayah Kerja Puskesmas Demangan yaitu :

  • Kelurahan Taman      = 14 November 2017
  • Kelurahan Pandean = 15 November 2017
  • Kelurahan Kuncen = 16 November 2017
  • Kelurahan Josenan = 20 November 2017