Materi Minilok Lintas Sektor “PIS-PK (Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga)”, Tanggal 31 Mei 2018

Pada acara tersebut mengundang kader kesehatan dan seluruh linsek yang ada di Puskesmas Demangan. Sebelum materi disampaikan dilakukan dinamika kelompok agarsuasanamencair. Tujuannya untuk menyampaikan program-program yang sedang trend saat itu kepada linsek. Untuk mengetahui materi yg disampaikan pada minilok linsek dapat diunduh pada link dibawah ini…..

minilok LinSek

Siaran Keliling tentang DBD

Siaran Keliling merupakan media pemberian informasi kesehatan pada masyarakat luas dengan cara berkeliling dengan mengendarai mobil dan memakai pengeras suara. Dalam kegiatan ini, siaran keliling merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh tim promkes setiap dua bulan sekali, namun bisa dilakukan secara tentatif sebulan sekali mengikuti informasi kesehatan yang terkini.

Pada siaran keliling petugas mengingatkan agar masyarakat waspada tentang penyakit DBD. Selain itu masyarakat dihimbau untuk melakukan pemeriksaan jentik dirumahnya sendiri dengan mengaktifkan kembali program 1 rumah 1 jumantik. Pada sirkel kali ini dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2018 dengan pelaksana promkes dan driver.

Lomba Kelurahan Siaga Aktif dan Kelurahan Bebas Jentik Tingkat Kota di Kelurahan Pandean 2018

Kelurahan Siaga Aktif yaitu penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan dasar yang memberikan pelayanan setiap hari melalui Pos Kesehatan Kelurahan atau sarana kesehatan yang ada di wilayah tersebut seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau sarana kesehatan lainnya, penduduknya mengembangkan UKBM dan melaksanakan survailans berbasis masyarakat (meliputi pemantauan penyakit, kesehatan ibu dan anak, gizi, lingkungan dan perilaku), kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana serta penyehatan lingkungan sehingga masyarakatnya menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pada tahun ini dilaksanakan lomba kelurahan siaga aktif bersamaan dengan lomba kelurahan bebas jentik, tahun ini Kelurahan Pandean mewakili Puskesmas Demangan untuk mengikuti lomba Kelsi dan Kel. Bebas Jentik Tingkat Kota Madiun. Lomba dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2018 bertempat di gedung Poskeskel Kelurahan Pandean (Perum Griya Salak). Hasil lombanya yaitu Kelurahan Siaga Aktif Pandean meraih juara 2 dan Kelurahan Bebas Jentik Kelurahan Pandean meraih harapan 2.

Paparan Risalah dalam rangka Lomba Kelurahan Siaga Aktif dan Kelurahan Bebas Jentik

Dilakukan pemeparan risalah sebelum dilakukan telusur data di lapangan. Kelurahan Pandean melakukan paparan pada tanggal 2 Mei 2018 dan Kelurahan Taman tanggal 3 Mei 2018. Paparan dilaksanakan di gedung perhutani. Kemudian dari pelaksanaan paparan itu diambil 1 wakil tiap Puskesmas untuk dilakukan telusur dokumen, dan didapatkan hasil Kelurahan Pandean mewakili lomba Kelurahan Siaga Aktif dan Kelurahan Bebas Jentik Tingkat Kota Madiun.

 

Papsmear se Kota Madiun 26 April 2018

Pap smear adalah sebuah uji medis yang dapat memeriksa kondisi sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Melalui pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker, bisa terdeteksi. Pada kali ini Kota Madiun mengadakan pap smear gratis agar masyarakat Kota Madiun terdeteksi lebih dini sehingga dapat mencegah kanker serviks.

Syarat melakukan papsmear

  1. Sudah pernah melakukan hubungan seksual.
  2. Tidak sedang menstruasi.
  3. Tidak sedang mengalami infeksi.
  4. Tidak boleh berhubungan intim dengan kondom maupun tanpa kondom. Minimal 3 x 24 jam sebelum tes pap smear.
  5. Tidak boleh memakai tampon dan/atau obat-obatan apapun yang dimasukkan ke dalam vagina. Minimal 2 hari sebelum pap smear.
  6. Tidak boleh menggunakan cairan pembersih yang dimasukkan ke dalam vagina. Misalnya seperti douche, sabun sirih atau antiseptik, dan sebagainya, minimal 2 hari sebelum pap smear. Hanya pembersih bagian luar vagina yang boleh digunakan. Pasalnya, cairan pembersih yang dimasukkan dalam vagina dapat mengubah kandungan cairan vagina.

Kaji Banding ke Puskesmas Beji Kota Batu Tahun 2018

Pada tanggal 23 April 2018 telah dilaksanakan kaji banding ke Puskesmas Beji Kota Batu. Pada kesempatan tersebut masing-masing Puskesmas melakukan pemaparan mengenai sistem-sistem yang ada di Puskesmas masing-masing, kemudian setelah itu dilaksanakan diskusi dengan membentuk kelompok sesuai dengan bab akreditasi.

Kegiatan kaji banding diperlukan sebagai kesempatan untuk belajar dari pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan Admen, UKM dan UKP puskesmas di puskesmas yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak untuk perbaikan kinerja masing-masing puskesmas.

Instrumen kaji banding adalah alat bantu yang akan di gunakan pada saat kaji banding misalnya ( ceklist wawancara, kamera, quisioner, bahan persentasi, diskusi personal dan observasi ).