Jambore Kader 2018

Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun senantiasa berusaha mengembangkan inovasi dalam program kesehatan yang ada di Kota Madiun. Salah satu dari sekian banyak kegiatan tahunan yang dimiliki yaitu Kegiatan Jambore Kader Kesehatan. Seperti yang diketahui bahwa dalam setiap kesuksesan program kesehatan tidak terlepas dari adanya peran kader kesehatan dan lintas sektor.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan, pembinaan, serta meningkatkan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan kader kesehatan. Jambore Kader Kesehatan 2018 dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 16 dan 17 April 2018. Bertempat di Gedung Diklat Kota Madiun, Jl. Duku. Pada jambore kader tahun ini dilaksanakan beberapa kategori lomba yaitu :

  • DDTK
  • Penyuluhan lansia
  • Ketrampilan jumantik
  • Kreasi seni (3 kader & 3 petugas)

Dari beberapa kategori tersebut Puskesmas Demanbgan meraih juara 2 dalam lomba kreasi seni yang dilakukan oleh 3 orang kader dan 3 petugas. Semoga jambore kader tahun berikutnya Puskesmas Demangan menjadi lebih baik lagi dalam semua kategori lomba. Karena kader dan petugas kami pantang menyerah, kami akan terus semangat belajar menjadi lebih baik.

Pemantauan Jentik Berkala (PJB) oleh Ptugas Puskesmas April 2018

Pemeriksaan jentik merupakan pemeriksaan yang pada setiap tempat-tempat penampungan air yang ada. Pemeriksaan jentik dilakukan dengan mengutamakan pemberantasan pada nyamuk demam berdarah yaitu nyamuk Aedes Aeggepty. Pada pemeriksaan kali ini dilakukan oleh petugas Puskesmas. Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) oleh petugas tanggal 3 April s/d 9 April 2018. Sasaran PJB kali ini yaitu Kelurahan Josenan 100 rumah, Kelurahan Taman 100 rumah, Kelurahan Pandean 100 rumah, Kelurahan Demangan 100rumah, Kelurahan Kuncen 100 rumah.

Jambore SBH 2018

Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun menyelenggarakan Kegiatan Jambore SBH yang melibatkan seluruh anggota SBH di Kota Madiun. Acara ini dilaksanakan pada Selasa, 27 Maret 2018 di Gedung Diklat Jl. Duku Kota Madiun. Peserta berasal dari anggota SBH yang dibina oleh Petugas Kesehatan Puskesmas terdiri atas Promkes dan Perawat sesuai dengan wilayah kerja masing-masing.

Terdapat 3 jenis perlombaan dalam Jambore SBH, diantaranya

  • Lomba Penyuluhan,
  • Lomba Implementasi PHBS
  • Lomba PPGD atau Pertolongan Pertama Gawat Darurat.

Puskesmas Demangan meraih juara 3 dalam lomba penyuluhan (Anggota SBH SMAN4 Pandean). Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat anggota SBH dalam mengikuti kegiatan SBH.