Pemeriksaan FR PTM di Dinas Sosial Kota Madiun

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkhawatirkan, berbagai data kesehatan menunjukkan bahwa kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginnjal dan lainnya) sudah melampaui tingkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular. Kegiatan ini rutin dilaksanakan di RSGP setiap hari Jumat.

Senam GERMAS dan Pemeriksaan FR PTM wilayah Kerja Puskesmas Demangan

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui FR PTM (Faktor risiko Penyakit Tidak Menular) untuk linsek kelurahan dan masyarakat di masing-masing kelurahan.

Kegiatan ini dihadiri oleh kader kesehatan, linsek kelurahan dan petugas puskesmas. Para peserta senam germas melakukan senam bersama kemudian dilakukan pemeriksaan FR PTM oleh petugas puskesmas. Waktu pelaksanaan senam germas

  • Kelurahan Taman         : 23 Februari 2018
  • Kelurahan Pandean      : 20 April 2018
  • Kelurahan Demangan : 20 Juli 2018
  • Kelurahan Josenan       : 21 September 2018
  • Kelurahan Kuncen        : Oktober 2018

ORI Difteri Putaran II

Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae dengan masa inkubasi1-2 hari dan akan menular selama 2-4 minggu. Penyakit itu sangat menular dan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara cepat, terutama bagi anak-anak.

Gejala difteri yaitu :

  • Demam walaupun tidak tinggi
  • Nafsu makan menurun
  • Lesu
  • Nyeri tenggorokan terutama saat menelan
  • Sekret hidung kehijauan dan bisa disertai darah
  • Tanda khas berupa selaput putih keabu-abuan di tenggorokan atau hidung yang dilanjutkan dengan pembengkakan leher (bull neck)

Pelaksanaan ORI Difteri Putaran II di Posyandu yaitu tanggal 2 Juli 2018 s/d 16 Juli 2018, dan disekolah pada bulan Juli-Agustus 2018. Jangan lupa membawa anak/cucu/keluarga datang ke Posyandu terdekat untuk mengikuti ORI Difteri Putaran II sesuai jadwal.

Jauhkan difteri dari keluarga kita!

Dengan Silaturahim Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Dan Kinerja, Serta Kembali Ke Fitrah

Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun melaksanakan kegiatan Halal Bihalal yang berlokasi di Gedung Serbaguna AKPER Soedono Jl. Imam Bonjol pada tanggal 28 Juni 2018. Acara ini mengangkat tema “Dengan Silaturahim Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Dan Kinerja, Serta Kembali Ke Fitrah” . Untuk tahun 2018 Puskesmas Banjarejo sebagai tuan rumah penyelenggaraan halal bihalal.

Halal Bihalal Keluarga Besar Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana dijadikan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar karyawan/ti dan juga untuk mengekspresikan diri. Pada Halal Bihalal 1439 H ini, dilaksanakan Lomba Fashion Show, Vocal Group dan Lomba Foto Terheboh. Pada beberapa kategori lomba tersebut Puskesmas Demangan meraih Juara 2 untuk lomba Fashion Show dan Juara 3 untuk lomba vocal grup dalam acara halal bihalal tersebut.