April 27, 2024

Pemberian Vitamin A dan Obat Cacing

1 min read

Pemberian Vitamin A yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Pada Bulan Agustus ini dilaksanakan pemberian vitamin A di seluruh posyandu dan PAUD/TK wilayah kerja Puskesmas Demangan. Terdapat 2 jenis Vitamin A yang diberikan yaitu kapsul berwarna biru hanya untuk bayi usia 6-11 bulan dan kapsul berwarna merah dengan untuk balita (1-5 tahun) dan ibu nifas. Pemberian Vitamin A bisa dilakukan oleh Petugas kesehatan ataupun oleh kader kesehatan.

Cacingan adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing perut yang penularannya melalui tanah lalu berkembang biak dalam sistem tubuh. Gejala kecacingan yaitu lesu, mudah lelah, mudah sakit, kurang nafsu makan, badannya lebih kecil dibandingkan anak sebayanya, sulit konsentrasi belajar, gangguan saluran pencernaan, gatal di daerah dubur terutama malam hari.

Bahaya kecacingan yaitu  pertumbuhan fisik anak terganggu, merusak perkembangan kognitif, membatasi kemajuan pendidikan anak. Program kecacingan dilaksanakan di Posyandu,TK/PAUD/SD Pada Bulan Agustus  bersamaan dengan Vitamin A. Diberikan pada usia 1-12 th. Pastikan bahwa anak anda mendapatkan obat cacing dan Vitamin A.