September 8, 2024

UPTD PUSKESMAS DEMANGAN

Jalan Soekarno Hatta No. 47 Kel. Demangan Kec. Taman Kota Madiun

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)

1 min read
MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah.
MPLS digelar sebelum memulai proses belajar mengajar di kelas bagi siswa baru. Pada awal tahun pelajaran, perlu dilakukan terlebih dahulu pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru.
Tujuan utama MPLS adalah membantu siswa mengenal lingkungan sekolah, membiasakan diri dengan jadwal dan kegiatan sekolah, serta mengenal guru dan staf. MPLS juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan. Selain itu dalam kegiatan MPLS juga diperlukan edukasi terkait kesehatan.
Oleh karena itu Puskesmas Demangan turut serta dalam kegiatan MPLS di sekolah-sekolah di wilayah kerja Puskesmas Demangan dengan materi yang disesuaikan dengan jenjang sekolah. Untuk jenjang sekolah Menengah dan Atas diberikan materi HIV/Aids dan bahaya rokok, sedangkan sekolah tingkat dasar diberikan materi seperti PHBS, toilet training, kesehatan gigi dan mulut, serta jajan sehat.
Dengan pemberian materi kesehatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta didik tentang kesehatan dan perilaku sehat sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit dan kenalakan remaja.
Informasi lebih lanjut:
(0351) 464308
Instagram : @puskesmasdemangan
Facebook : Puskesmas Demangan
Tiktok : promkes.masdemang
Youtube : Promkes Puskesmas Demangan
Website : https://puskesmasdemangan.madiunkota.go.id
Pendaftaran Online melalui JKN Mobile atau SIST-BRO (klik link di bio)