February 27, 2024

Pemberian Imunisasi DT dan TD di SD Muhammadiyah Kota Madiun

1 min read

Selasa, 15 November 2022 bertempat di SD Muhammadiyah Kota Madiun dilaksanakan imunisasi DT dan TD bagi siswa siswi kelas 1, 2 dan 5. Kegiatan ini masuk dalam program BIAS yang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

Imunisasi DT dan TD nyatanya berbeda baik dilihat dari fungsi maupun penyebutannya sedikit sama. Imunisasi DT (diphteria tetanus) adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Sedangkan imunisasi TD (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan ketiga penyakit infeksi tersebut.

Kedua vaksin ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu mencegah terjadinya penyakit infeksi difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). Namun, yang berbeda adalah waktu pemberian serta komposisi dosisnya.

Terdapat kurang lebih 150 anak sekolah dasar yang diberikan imunisasi DT dan TD di SD Muhammadiyah Kota Madiun.