April 24, 2024

Senam Rutin Prolanis di Wilayah Kerja Puskesmas Demangan Kota Madiun

1 min read

Jumat, 14 Oktober 2022 bertempat di Puskesmas Demangan dilakukan senam rutin prolanis. Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien.

Senam yang rutin dilaksanakan ini guna untuk meningkatkan derajat kesehatan dan menekan penyakit tidak menular. Manfaat dari senam prolanis ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes mellitus serta jantung.

Usai melakukan senam, peserta pun mendapat pemeriksaan kesehatan dan mendengarkan paparan ahli dalam menjaga kesehatan misalnya, penyuluhan tentang diabetes mellitus dan cara mengatasinya. Penyuluhan itu disampaikan oleh dokter umum. Dengan dilakukannya senam rutin prolanis yang dilanjutkan dengan penyuluhan-penyuluhan diharapkan masyarakat yang berpotensi dengan penyakit tidak menular dapat ditekan dengan perpaduan senam, pemeriksaan laboratorium dan penyuluhan kesehatan.