June 17, 2024

Pertemuan Kader Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Wilayah Kerja Puskesmas Demangan

1 min read

Kegiatan pertemuan kader kesehatan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di Puskesmas Demangan. Kali ini kader pencegahan dan pengendalian penyakit yang menjadi sasaran. Kegiatan dilakukan selama dua hari yaitu hari Selasa dan Rabu pada tanggal 30 sampai dengan 31 Agustus 2022. Pertemuan kali ini membahas isu kesehatan yang sedang beredar di tengah masyarakat yaitu cacar monyet atau monkeypox.

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi. Ditengah-tengah menurunnya angka penderita covid-19 di seluruh dunia dan dengan harapan pandemi ini segera berlalu, WHO kembali menerima laporan tentang adanya kasus penyakit cacar monyet (monkeypox) dari negara non endemis. Saat ini cacar monyet dilaporkan telah meluas ke 12 negara non endemis yang berada di 3 regional WHO, yaitu regional Eropa, Amerika, dan Western Pacific.

Protokol kesehatan menjadi kunci menekan penyebaran kasus cacar monyet. Sebab, virus cacar monyet ditularkan melalui kontak erat antara manusia dengan manusia. Gejalanya antara lain adalah demam, sakit kepala, ruam pada kulit, nyeri otot dan kelelahan.