July 18, 2024

UPTD PUSKESMAS DEMANGAN

Jalan Soekarno Hatta No. 47 Kel. Demangan Kec. Taman Kota Madiun

Pelatihan Mitigasi Bencana dan Simulasi Penanganan Hewan Liar Bersama BPBD Kota Madiun

1 min read

Jumat, 19 September 2022 dilaksanakan kegiatan pelatihan mitigasi bencana dan simulasi penanganan hewan liar bagi seluruh pegawai Puskesmas Demangan. Pelatihan ini mengundang BPBD Kota Madiun sebagai narasumber.

Upaya mitigasi bencana merupakan salah satu upaya pengurangan risiko bencana. Mitigasi bencana dilakukan untuk mengantisipasi kejadian bencana, guna meminimalkan korban dan kerugian. Upaya-upaya yang dapat dilakukan sebelum terjadi bencana dapat berupa pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Pembangunan fisik dapat dilakukan dengan rekonstruksi bangunan, baik bangunan perumahan, pendidikan, rumah sakit maupun fasilitas umum. Selain itu, tindakan dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana penting untuk dilakukan.

Pelaksanaan mitigasi bencana yang berorientasi pada peningkatan kemampuan pegawai melalui partisipasi pegawai akan mengarah kepada upaya mitigasi bencana bersama pegawai di kawasan rawan bencana secara mandiri.

Selain itu juga dilakukan simulasi penanganan hewan liar yaitu ular. Hal ini sangatlah penting karena beberapa bulan yang lalu ada kejadian munculnya ular di kamar mandi Puskesmas Demangan.