April 20, 2024

Pelaksanaan PHN Kasus Stunting di Kelurahan Josenan

1 min read

Selasa (16/8) tim dari Puskesmas Demangan yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, gizi dan promkes melaksanakan kegiatan PHN terhadap kasus stunting di Jalan Tilam Upih Kelurahan Josenan. Stunting adalah keadaan gagal tumbuh pada Batuta (Bawah Dua Tahun). Stunting merupakan akibat dari kekurangan gizi di masa lalu yang dilihat dari ukuran panjang badan dan tinggi badan berdasarkan umur.

Pencegahan stunting lebih tepat dilakukan pada sasaran 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), yaitu dimulai dari hamil sampai anak usia 2 tahun. Dua tahun pertama adalah periode emas. Pencegahan stunting pada anak usia di atas 2 tahun relatif lebih sulit.

PHN atau kunjungan stunting yang di lakukan di wilayah kerja Puskesmas Demangan bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi yang kebetulan saat lahir stunting (panjang badan di bawah 48 cm). PHN dengan sasaran bayi di bawah 1 tahun agar petugas bisa sekalian memberi konseling tentang pemberian ASI Eksklusif dan makanan tambahan yang adekuat sesuai rekomendasi.